Judul Artikel
Kajian Persepsi Pengguna Teknologi Pembelajaran Raharja Multimedia
Edutainment (RME) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model
Prabowo Pudjo Widodo
Maimunah
Henderi
maimunah@pribadiraharja.com; henderi@pribadiraharja.com
ABSTRAKSI
Pemanfaatan
teknologi informasi (TI) oleh berbagai organisasi secara umum bertujuan untuk
memudahkan dan mempercepat pelaksanaan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, kualitas
dan kemampuan kompetitif. Demikian pula dengan Perguruan Tinggi Raharja sebagai
organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Melalui penerapan teknologi
informasi, berbagai kegiatan dapat dilaksanakan secara lebih mudah, cepat,
efektif, efisien, dan kebutuhan berbagai jenis informasi yang dibutuhkan semua
tingkatan manajemen di Perguruan Tinggi Raharja yang merupakan critical success
factor (CSF) bagi organisasi dapat dipenuhi secara cepat, akurat dan hemat.
Satu diantara produk teknologi informasi yang telah diciptakan dan digunakan
oleh Perguruan Tinggi Raharja tersebut adalah Raharja Multimedia Edutainment
(RME). Teknologi ini digunakan untuk mendukung dan memperlancar pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar, dan memenuhi kebutuhan informasi yang berhubungan
dengannya. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi diterima dengan baik atau tidaknya RME oleh
penggunanya. Juga ingin diketahui hubungan antara faktor-faktor yang
mempengaruhi penerimaan RME. Model yang digunakan untuk mengetahui penerimaan
RME pada penelitian ini adalah model TAM (Technology Acceptance Model). Model
TAM secara rinci menjelaskan penerimaan teknologi informasi (TI) dengan
dimensi-dimensi tertentu yang dapat mempengaruhi penerimaan teknologi oleh
pengguna. Model ini menempatkan faktor sikap dan tiap-tiap perilaku pengguna
dengan menggunakan dua variabel utama yaitu kemanfaatan (usefulness) dan
kemudahan penggunaan (easy of use). Diduga penerimaan RME ini juga dipengaruhi
oleh faktor lain antara lain: Attitude Toward Using (ATU) atau sikap untuk menggunakan,
Intention to Use (ITU) atau niat untuk menggunakan terhadap produk/ servis dan
Actual System Usage (ASU) atau perilaku penggunaan.
Kata
kunci : RME, TAM, usefulness, easy of use
ABSTRACT
Utilization
of information technology (IT) by organizations in general aims to facilitate
and accelerate the implementation of business processes, improve efficiency,
quality and competitive ability. Similarly, the Higher Education Prog as an
organization engaged in education. Through the application of information
technology, a variety of activities can be implemented more easily, quickly,
effectively, efficiently, and the needs of different types of information
needed at all levels of management in Higher Education which is a critical
success Raharja factor (CSF) for the organization can be met quickly,
accurately and efficient. One of the products of information technology that
has been created and used by the College Raharja is Raharja Multimedia
Edutainment (RME). This technology is used to support and facilitate the
implementation of learning activities, and meet the information needs
associated with it. In this regard, this study aims to determine the factors
that influence whether or not well received by users RME. Also want to know the
relationship between the factors that affect the acceptance RME. Model used to
determine acceptance RME in this study is a model TAM (Technology Acceptance
Model). TAM model to explain in detail the acceptance of information technology
(IT) with certain dimensions that may affect the acceptance of technology by
the user. This model puts the attitude factor, and each user's behavior by
using two main variables, namely expediency (usefulness) and ease of use (easy
of use). Anticipated acceptance of RME is also influenced by other factors such
as: Attitude Toward Using (ATU) or attitudes to use, Intention to Use (ITU) or
the intention to use the product / service and the Actual System Usage (ASU) or
the behavior of use.
Key
words: RME, TAM, usefulness, easy of use
Tidak ada komentar:
Posting Komentar