DESAIN
COMPANY PROFILE CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI
Studi
Kasus : CV. GLOBAL MULTIMEDIA
Maimunah
Lusyani Sunarya
Suharnianti
ABSTRAC
Lately the multimedia
world
has
been
very rampant ears to the wider
community.
This
is
due
to
the
use of
technologies by supporting increasingly
sophisticated
multimedia. Along with advances in multimedia
technology,
especially in the field of communications, forcing us to follow the development of these
technologies.
Currently, the multimedia
world
has known many many people. Multimedia has been there since the first, but the utilization of technological
advances
is much different than today's conditions. CV. Global Multimedia is a company engaged in the field of Post Production-Photography-Videography-Design. Various kinds of products have been generated by the company, current CV. Global Multimedia is experiencing growth in its business. Therefore, to retain existing customers and new customers, it needs a media that can introduce the capacity and quality of the company to
the
business
people to
be
able to work
together in the field of Post Production-Photography-Videography-Design. After the authors performed an
analysis of
existing
problems,
the authors propose to the company to create a company profile, which is a design masterpiece in the pack in the form of a web and interactive CD which is a medium that can be made as an institution or company assets that can be used for enhance an image or an image of the company to establish relations of cooperation with companies, institutions and other relevant agencies. In presenting information on the CV profile. Global Multimedia, the author uses a form of media in the form of Interactive Profile cd. interactive.
Keywords: Company Profile,
Post Production, Videography-Photography-Design, Interactive
CD.
ABSTRAKSI
Akhir-akhir
ini dunia multimedia sudah sangat marak ditelinga masyarakat luas. Hal ini
dikarenakan penggunaan teknologi-teknologi yang semakin canggih dengan
pendukung multimedia. Seiring dengan kemajuan teknologi multimedia khususnya
pada bidang komunikasi, memaksa kita untuk mengikuti perkembangan teknologi
tersebut. Saat ini dunia multimedia sudah banyak dikenal banyak orang.
Multimedia sudah ada sejak dahulu, namun pemanfaatan kemajuan teknologi
tersebut jauh berbeda dibandingkan kondisi seperti sekarang ini. CV. Global
Multimedia adalah perusahaan yang bergerak di bidang Post Production-Videography-Photography-Design. Berbagai macam produk telah di
hasilkan perusahaan, saat ini CV. Global Multimedia sedang mengalami
perkembangan dalam usahanya. Oleh karena itu untuk mempertahankan konsumen yang
telah ada dan konsumen yang baru, diperlukan sebuah media yang dapat
memperkenalkan kapasitas dan kualitas perusahaan kepada para pelaku bisnis
untuk dapat bekerja sama dalam bidang Post Production-Videography-Photography-Design. Setelah penulis melakukan
analisa terhadap permasalahan yang ada, maka penulis mengusulkan kepada
perusahaan untuk membuat Company Profile,
yaitu suatu karya desain yang di kemas dalam bentuk web dan CD Interaktif yang
merupakan sebagai media yang dapat di jadikan sebagai aset suatu lembaga atau
perusahaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan suatu image atau citra dari perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan
relasi perusahaan, lembaga dan instansi terkait lainnya. Dalam
menyampaikan informasi tentang profil CV.
Global Multimedia, penulis menggunakan sebuah media dalam bentuk Profil
Interaktif yang berupa cd.
interaktif.
Kata
Kunci : Company Profile, Post
Production-Videography-Photography-Design, CD Interaktif.
PENDAHULUAN
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang semakin pesat, luasnya kebutuhan akan kemampuan seperti yang
terdapat pada komputer, akan menciptakan sebuah terobosan baru, dimana komputer
menjadi hal yang tidak terpisahkan dari teknologi itu sendiri, sehingga membuat satu integrasi
antar berbagai disiplin ilmu,
seperti graphic design, multimedia, audio visual, dan broadcasting.
Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai bentuk karya seni yang memproduksinya
menggunakan sarana komputer sebagai contoh: film animasi, web desain dan
berbagai bentuk media sarana komunikasi informasi lainnya. Penciptaan suatu
karya seni terlihat lebih berkualitas apabila ditunjang dengan perkembangan
teknologi.
Media promosi merupakan sarana
yang sangat penting dalam penyampaian informasi yang lengkap dan terperinci
mengenai CV. Global
Multimedia, mulai dari sejarah, mutu kualitas, fasilitas sampai
dengan kelebihan yang terdapat pada
CV. Global Multimedia. CV. Global Multimedia merupakan sebuah perusahaan yang
bergerak dibidang multimedia Post
Production-Videography-Photography-Design, yang dimulai dari mengkonsep
ide, desain, menghitung dana, menganalisa bentuk, ruang ataupun media yang
sesuai kebutuhan untuk promosi produk maupun jasa secara akurat, cermat dan
kreatif. Jasa yang ditawarkan yaitu :
Video Shooting, Transfer VCD/DVD, Video Editing, Graphic Design, Photography dan Advertising.
Pada saat ini media informasi
yang digunakan oleh perusahaan CV. Global multimedia sebagai promosi perusahaan
menggunakan media banner, brosur dan
kartu nama. Namun, dari media promosi yang ada belum bisa menyampaikan
informasi secara detail dan menyeluruh mengenai profil dan jasa yang ditawarkan
dari perusahaan CV. Global Multimedia tersebut.
Media promosi khususnya pada CV. Global Multimedia berdasarkan
dari hasil analisa kebutuhan masih sangat kurang, sampai saat ini media yang
terdapat pada bagian pemasaran baru berupa media banner, brosur dan kartu nama. Dari kondisi tersebut sesuai dengan tujuan
pengembangan promosi
yang ada, dalam hal ini akan
dirancang sebuah
media Company
Profile dalam suatu desain grafis yang dikemas dalam bentuk web
profile dan CD Interaktif yang
setiap saat siap untuk dipergunakan oleh pihak pemasaran. Dari media tersebut
diharapkan dapat lebih menarik perhatian masyarakat akan adanya media promosi yang
berbentuk web profil dan CD Interaktif pada CV. Global Multimedia.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana
merancang media informasi dan promosi
yang efektif pada CV.
Global Multimedia yang
baik dan mampu di diterima oleh masyarakat?
2. Bagaimana
menyajikan media informasi dan promosi
CV. Global Multimedia yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan
teknologi?
LANDASAN TEORI
Pengertian
Desain
Desain
berasal dari kata “DESIGNARE” yang berarti gagasan atau ide – ide untuk memecahkan
persoalan – persoalan seperti : bentuk, teknik, pengerjaan, keindahan, yang
dinyatakan dalam bentuk gambar dan warna.
Desain
adalah merupakan seluruh proses pemikiran dan perasaan yang akan menciptakan
sesuatu dengan menggabungkan fakta, kontruksi, fungsi, dan estetika untuk
memenuhi kebutuhan manusia.
Kegiatan
“ mendesain” mencakup berbagai bidang, seperti : tekstil, interior, dan yang
termasuk perwujudan karya – karya visual diantaranya yang berhubungan dengan komunikasi
visual dan audio visual.
Secara emplisit (penerapan) “desain” mengandung dua pengertian diantaranya :
a.
Perencanaan : Dalam perencanaan akan menghasilkan rumusan
– rumusan dasar penciptaan dalam bentuk konseptual.
b.
Perancangan : adalah merupakan wujud visual yang
dihasilkan dari bentuk – bentuk kreatif yang telah direncanakan.
Pengertian Company Profile
Company Profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang
biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan kerjasama
dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak
– pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut. Secara umum
identitas yang biasa dipergunakan sebagai tanda pengenal suatu lembaga ataupun
perusahaan dalam bentuk sebuah Booklet yang
berisi mengenai latar belakang perusahaan, aset-aset perusahaan, visi misi
perusahaan, struktur organisasi, serta alur kerja perusahaan secara keseluruhan
dimuat dalam bentuk Booklet yang
disebut company profile.
Company Profile tersebut sebagai aset perusahaan yang dipegang dan
dimiliki oleh setiap perusahaan atau lembaga. Dimana company profile berfungsi sebagai tanda atau identitas dari
perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan relasi perusahaan, lembaga, instansi
terkait lainnya.
Secara
umum company profile dibuat dalam
bentuk buku yang ditata secara baik dengan menggunakan unsur desain komunikasi
visual dengan menggunakan perpaduan unsur bentuk, warna, tipografi serta elemen
– elemen estetis pendukung lainnya yang tersusun dalam sebuah tatanan komposisi
yang dinamis.
Definisi
Multimedia Interaktif
Sistem
yang menggunakan lebih dari satu media presentasi (Teks, Suara, Citra, Animasi
dan Video) secara bersamaan dan melibatkan keikutsertaan pemakai untuk memberi
perintah, mengendalikan dan memanipulasi.
Kegiatan
berinteraksi yang dilakukan oleh pemakai komputer dengan komputer secara
langsung, sehingga ketika pengguna komputer tersebut memberikan suatu perintah,
maka pengguna komputer tersebut melihat langsung hasilnya pada perangkat
keluaran seperti pada monitor.
Definisi
CD Interaktif
CD Interaktif adalah Sebuah
penyimpanan data yang mempunyai fungsi memberi Informasi, yang didalamnya
terdapat tombol – tombol untuk bisa menuju ke halaman lainnya.
Pengertian
Promosi
Promosi
merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Pentingnya
promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat
diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam
kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis di kejauhan. Tak seorang pun yang
tahu apa yang dilakukan pria tersebut selain dirinya sendiri.
Pada
hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud
dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha
menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar
sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima dan loyal pada
produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
METODE PENELITIAN
Metodologi
adalah satuan metode-metode, prosedur-prosedur, konsep-konsep pekerjaan,
aturan-aturan dan postulat-postulat yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan,
seni atau disiplin lainnya. Sedangkan metode adalah suatu cara / teknik yang
sistematik untuk mengerjakan sesuatu.
Metodologi
penelitian yang digunakan
1. Observasi
Melakukan
peninjauan langsung kelapangan yaitu pada CV. Global Multimedia
untuk dapat memperoleh data yang diperlukan.
2. Interview
Kegiatan
tanya jawab dengan pihak-pihak yang bersangkutan untuk memperoleh informasi
guna mendukung kelengkapan dan pengembangan media tersebut.
3. Studi
Pustaka
Dilakukan
dengan cara mempelajari materi yang berhubungan dengan media informasi dan
promosi yang diajukan dengan cara mencari buku-buku dan browsing internet sebagai referensi untuk memperluas wawasan.
PEMBAHASAN
Potensial Market
Media promosi dalam media
promosi berbentuk web dan CD Interaktif
ini ditujukan untuk memberikan suatu informasi lengkap dan spesifik, agar
pelanggan, relasi maupun masyarakat lebih mengetahui tentang profil CV. Global Multimedia.
Dalam hal ini, subjek atau
sasaran yang dituju adalah pelanggan, relasi maupun masyarakat umum yaitu
dengan memperlihatkan hasil-hasil Video Shooting, Transfer VCD/DVD,
Video Editing, Graphic Design, Photography, dan
Advertising dalam
bentuk web dan CD interaktif tentang profil CV. Global Multimedia.
Jika ditinjau dari tujuan
promosi ini adalah untuk mengarahkan seseorang atau konsumen agar dapat
mengenal profil CV.
Global Multimedia, lalu memahaminya dan berubah sikap, menyukai, yakin,
kemudian akhirnya menjadi pelanggan CV.
Global Multimedia. Hal ini, dapat meningkatkan jumlah permintaan pada CV.
Global Multimedia.
Market Segmentasi
CD interaktif ini ditujukan
khususnya untuk pelanggan, relasi maupun masyarakat umum. CD
interaktif ini dibuat sebagai media promosi dalam meningkatkan daya tarik
konsumen terhadap perusahaan tersebut.
Strategi
Pemilihan Media
Tujuan dari strategi ini adalah memilih media yang tepat
untuk mempromosikan mengenai profil CV. Global Multimedia dalam rangka membuat
konsumen menjadi tahu, paham, menentukan sikap dan akhirnya ingin menjadi
pelanggan pada CV. Global Multimedia. Adapun yang dimaksud dengan media adalah
salah satu komponen yang sangat penting dalam suatu proses komunikasi. Sejauh
mana suatu peran komunikasi akan dapat diterima oleh audience dengan cepat dan tepat atau sebaliknya sangat bergantung
dari tingkat efektifitas media yang digunakan. Oleh karena itu, web dan CD
Interaktif dipilih dan dirancang sebagai penunjang dalam penyampaian yang
lengkap tentang profil CV. Global Multimedia sekaligus sebagai media promosi
untuk menarik perhatian konsumen agar dapat bergabung pada CV. Global
Multimedia.
Software
Yang Digunakan
Dalam
Konsep media informasi dan promosi tersebut, yaitu menggunakan
software Adobe Photoshop, Adobe Flash dan Macromedia
Dreamweaver
Strategi Media
Adapun
sebelum melakukan proses desain, penulis terlebih dahulu merumuskan strategi
media. Adapun sasaran dari company
profile interaktif yang dirancang untuk memenuhi 3 aspek sasaran yaitu :
Geografi : Wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi,
dan Serang.
Demografi :
Pelaku bisnis, instansi pemerintah, masyarakat yang membutuhkan
jasa video editing, photograpgy, design dan promotion.
Psikografis : Bagi konsumen khususnya yang
memerlukan video editing,
photograpgy, design dan promotion.
Program
Media
Media Company
Profile Interaktif dalam bentuk web dan CD Interaktif ini direncanakan akan
disosialisasikan pada pertengahan tahun 2009. Untuk web dapat diakses di
Internet secara langsung oleh customer,
dan untuk CD Interaktif dengan cara dibagikan kepada perusahaan dan konsumen
yang akan melakukan kerjasama dengan CV. Global Multimedia,
dengan jadwal penerbitan media dalam waktu jangka panjang karena disesuaikan
dengan kondisi perusahaan. Dalam hal ini tergantung dari perkembangan
perusahaan.
Perencanaan
Pesan (Konsep Kreatif)
Tujuan
Kreatif
Saat ini banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang
yang sama dengan CV. Global Multimedia. Sehingga CV. Global Multimedia mengalami tahap kompetisi. Oleh
karena itu untuk mempertahankan konsumen yang telah ada dan juga bertujuan
untuk menjaring konsumen yang baru di butuhkan sebuah media yang dapat mencapai
tujuan tersebut. Dengan dasar hal tersebut maka tujuan utama dari perancangan company profile ini adalah :
§
Meyakinkan
khalayak sasaran khususnya pelaku bisnis yang ingin melakukan kerjasama dengan CV.
Global Multimedia.
§
Menciptakan image atau citra yang baik bagi
perusahaan
§ Menginformasikan
kualitas akan produk – produk yang di hasilkan.
Strategi
Kreatif
a.
Isi Pesan
Adapun
isi pesan dari company profile ini
adalah kreatif, komunikatif dan interaktif. Dalam hal ini diharapkan dapat
menarik perhatian konsumen akan kualitas produk – produk yang dihasilkan. Dan
juga dapat dijadikan sebagai aset perusahaan dalam melakukan komunikasi dan
menjalin kerjasama dalam lingkup intern
maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak – pihak terkait lainnya diluar
lingkungan perusahaan tersebut.
b.
Bentuk Pesan
Adapun
bentuk pesan yang disajikan dalam company profile ini adalah menggunakan
bahasa yang mudah di pahami oleh pembaca. Sedangkan secara visual company profile ini di desain secara
minimalis, pada halaman opening untuk logo berbentuk lingkaran di pisah dan
disatukan kembali di tengah dan tulisan CV. Global Multimedia
berada tepat ditengah logo. Pada menu dibuat tombol dengan berbagai
animasi-animasi movieclip agar
terlihat lebih cantik. Untuk setiap isi dari halaman – halaman tersebut dibuat motion gerakan dan pada bagian bawahnya
diberi image / animasi lilin yang
dibuat dengan efek blur. Kemudian
pada halaman Our Product dan Portfolio diberi gambar / image photo sebagai hasil project yang
telah dibuat oleh CV. Global Multimedia.
Tujuan
Visual
Adapun suasana yang ingin
disampaikan penulis dengan menampilkan desain company profile dengan kesan minimalis yang merupakan perpaduan
antara tata letak (layout), warna,
tipografi, gerakan yang dinamis.
Image atau citra yang ingin penulis sampaikan dalam desain Company Profile ini adalah merupakan
penggambaran dari sebuah aset perusahaan Post Production–Videography–Photography-Design yang
mempunyai keunggulan dalam kualitas produk yang dihasilkan.
Proses Desain
Proses
desain company profile interaktif ini
dibuat dengan proses bertahap yang bertujuan untuk mendapatkan
kesempurnaan pada hasil akhir. Dalam hal ini perencanaan yang teratur untuk
mencapai kesempurnaan sangat penting untuk diperhatikan. Dalam
pelaksanaan tahapan desain yang baik harus memiliki 3 (Tiga) tahapan proses
yaitu:
a.
LAY OUT
KASAR
Sebelum melakukan proses
desain, terlebih dahulu harus membuat layout
kasar. Adapun yang dimaksud dengan layout
kasar adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak naskah,
gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout
kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil
gambar yang dibuat secara manual.
Pada tahap ini penulis akan
membahas proses layout kasar yang
merupakan inspirasi penulis yang diperoleh dengan cara mengamati keadaan di
perusahaan yang kemudian akan dikembangkan menjadi suatu karya seni dalam
bentuk desain company profile
interaktif. Berikut ini adalah ide atau gagasan yang dibuat penulis dalam
bentuk sketsa yang akan dipakai sebagai acuan sebelum melakukan poses desain.
Sebelum membuat layout terlebih
dahulu membuat urutan halaman yang akan ditampilkan.
Berikut ini adalah urutan halaman yang akan dibuat dalam
perancangan company profile
interaktif yang telah disesuaikan dengan hasil penelitian sesuai dengan
kebutuhan perusahaan adalah sebagai berikut :
·
Untuk CD Interaktif :
1. Opening
2. Halaman Main Menu
3.
Halaman
Who we are
4.
Halaman
Our Logo
4. Halaman Portofolio
5. Halaman Team Work
6. Halaman Our Product
7. Halaman Contact Us
·
Untuk
Web :
1. Menu Home
2. Menu Company Profile
3. Menu Contact us
Setelah
urutan halaman company profile
selesai dibuat sesuai urutannya, langkah selanjutnya adalah membuat layout kasar yang merupakan sketsa
manual yang dibuat dengan tangan yaitu sketsa yang dibuat merupakan gagasan
atau ide yang timbul berdasarkan data yang diperoleh agar dapat diolah menjadi layout komprehensif yang kemudian
dikembangkan menjadi final artwork.
Lay Out Kasar untuk CD Interaktif
1.
Lay out kasar Opening
Desain halaman opening
menampilkan Logo dari CV.
Global Multimedia
dan tulisan CV.
Global Multimedia.
Dibawah ini adalah layout kasar halaman opening (Gambar 1.)
Gambar
1. Lay out kasar Opening
1.
Lay out Kasar Halaman Home
Pada
Halaman Home ini akan ditampilkan
mengenai judul company profile, logo perusahaan, visi dan misi, serta tombol –
tombol yang disediakan untuk menampilkan ke halaman berikutnya. (Gambar 2.)
Gambar
2. Lay out kasar halaman Main Menu
3. Lay out kasar halaman Who We Are
Desain
yang akan ditampilkan pada halaman Who We
Are adalah penjelasan mengenai latar belakang perusahaan dan tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman
berikutnya. (Gambar 3.)
Gambar
3. Lay out kasar halaman Who We Are
4. Lay out kasar halaman Our Logo
Desain
yang akan ditampilkan pada halaman Our
Logo adalah menampilkan Arti Logo
dan diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman berikutnya. (Gambar 4)
Gambar
4. Lay out kasar halaman Our Logo
5. Lay out kasar halaman Team work
Desain
yang akan ditampilkan pada halaman Team
Work adalah menampilkan foto, nama –
nama team work dan posisi pekerjaan dan
diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman berikutnya. (Gambar 5.)
Gambar 5. Lay out kasar halaman Team work
6. Lay out kasar halaman Our Product
Desain
yang akan ditampilkan pada halaman Our
Product adalah mengenai produk – produk yang di hasilkan oleh CV. Global
Multimedia dan diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman berikutnya..
(Gambar 6.)
Gambar 6. Lay out kasar halaman Our Product
7. Lay out kasar halaman Portofolio
Desain yang akan ditampilkan pada halaman Portofolio adalah mengenai desain yang
dibuat untuk klien dan dijadikan portofolio
untuk perusahaan dan diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman
berikutnya. (Gambar 7)
Gambar 7. Lay out kasar halaman
Portofolio
8. Lay out kasar halaman Contact Us
Desain
yang akan ditampilkan pada halaman Contact
Us adalah Alamat perusahaan beserta logo perusahaan, dan diberi tombol –
tombol untuk menampilkan ke halaman berikutnya. (Gambar 8.)
Gambar 8 Lay out kasar halaman
Contact Us
Rancangan Layar Desain Web
1. Rancangan Layar Menu Home
Desain
menu home menampilkan Logo dari CV.
Global Multimedia, animasi, image dan
di buat menu – menu untuk menampilkan menu home,
company profile, dan contact us.
pada bagian tengah template merupakan sejarah perusahaan. Dibawah ini adalah rancangan layar menu home (Gambar 9)
Gambar 9. Rancangan layar Menu Home
2. Rancangan
Layar Menu Company Profile
Desain menu Company
Profile menampilkan Logo dari CV.
Global Multimedia, animasi, image dan
di buat menu – menu untuk menampilkan menu home,
company profile, dan contact us. Pada
bagian tengah template merupakan isi Company Profile. Di bawah ini adalah
rancangan layar company profile (Gambar
10)
Gambar 10.
Rancangan layar menu Company Profile
3. Rancangan
Layar Menu Contact us
Desain menu Contact
us menampilkan Logo dari CV.
Global Multimedia, animasi, image
dan di buat menu – menu untuk menampilkan menu home, company profile, dan contact
us. menu Contact us merupakan
alamat perusahaan. Di bawah ini adalah rancangan layar Menu Contact us (Gambar 11)
Gambar 11. Rancangan layar Menu Contact us
a.
LAY OUT KOMPREHENSIF
Lay out komprehensif adalah suatu gambar
yang sudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambar yang pada
umumnya disajikan dalam bentuk warna. Layout
komprehensif dari desain company
profile yang dihasilkan adalah:
Lay out Komprehensif untuk CD Interaktif :
1. Lay out komprehensif Opening
Pada lay out komprehensif desain halaman
opening menggunakan background warna hitam yang melambangkan kekuatan. Pada
halaman opening ini hanya menggunakan
logo CV. Global Multimedia dan diberi tulisan. Global dengan tipe font
Franklin Gothic Heavy dan diberi warna hitam karena disesuaikan dengan warna logo serta
tulisan multimedia dan Post
Production-Videography-Photography. (Gambar 12)
Gambar
12. Lay out komprehensif Opening
2. Lay out komprehensif halaman Home
Pada
lay out komprehensif desain halaman home menggunakan template dengan warna
minimalis yang merupakan gambaran dari CV. Global Multimedia yaitu perpaduan
antara abu-abu dan hitam. Pada halaman home
untuk menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan yang menggunakan tipe font arial narrow dengan warna putih agar terlihat jelas, sedangkan
untuk judul Home dibuat dengan tipe font arial narrow dengan warna kuning. Kemudian diberi tombol –
tombol untuk menampilkan ke halaman – halaman berikutnya. (Gambar 13)
Gambar
13. Lay out komprehensif halaman Home
3. Lay out komprehensif halaman Who We Are
Pada lay
out komprehensif desain halaman who
we are menggunakan template dengan warna minimalis yang merupakan perpaduan
antara warna abu-abu dan hitam. Untuk judul halaman who we are menggunakan tipe font
arial narrow yang diberi warna
kuning karena disesuaikan dengan judul pada halaman sebelumnya, isi dari who we are yaitu mengenai sejarah
perusahaan dengan menggunakan font arial
narrow dan untuk warna tulisan menggunakan warna putih, karena disesuaikan
dengan halaman sebelumnya. Kemudian diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke
halaman – halaman berikutnya. (Gambar 14)
Gambar
14. Lay out komprehensif halaman Who We Are
4. Lay out komprehensif halaman Our Logo
Pada
layout komprehensif desain halaman Our
Logo menggunakan template dengan warna minimalis yang merupakan perpaduan
antara warna abu-abu dan hitam. Pada halaman Our Logo ini diberi image para
pendiri perusahaan yang, untuk judul halaman our logo menggunakan font
arial narrow yang diberi warna kuning karena disesuaikan dengan judul pada
halaman sebelumnya, isi dari our logo
merupakan penjelasan mengenai logo perusahaan, Tipe font yang digunakan adalah
arial narrow dan menggunakan warna putih, karena disesuaikan halaman sebelumnya.
Kemudian diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman – halaman
berikutnya. (Gambar 15)
5. Lay out komprehensif halaman Team Work
Pada
layout komprehensif desain halaman team work menggunakan template dengan
warna minimalis yang merupakan perpaduan antara warna abu-abu dan hitam. Pada
halaman team work ini diberi image para pendiri perusahaan, untuk
judul halaman team work menggunakan
tipe font arial narrow yang diberi
warna kuning karena disesuaikan dengan judul pada halaman sebelumnya, isi dari
halaman team work mengenai mengenai
nama – nama team work. Untuk isi
halaman team work menggunakan tipe font arial narrow dengan warna putih,
kuniong dan merah. Kemudian diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman
– halaman berikutnya.
(Gambar
16.)
Gambar
16. Lay out komprehensif halaman Team Work
6. Lay out komprehensif halaman Our Product
Pada
layout komprehensif desain halaman our product menggunakan template dengan
warna minimalis yang merupakan perpaduan antara warna abu-abu dan hitam. Untuk
judul halaman our product menggunakan
tipe font arial narrow yang diberi
warna kuning karena disesuaikan dengan judul pada halaman sebelumnya, isi dari
halaman our product mengenai produk –
produk yang di hasilkan oleh CV. Global. Kemudian diberi tombol – tombol untuk
menampilkan ke halaman – halaman berikutnya. (Gambar 17)
Gambar
17. Lay out komprehensif halaman Our Product
7. Lay out komprehensif halaman Portofolio
Pada
layout komprehensif desain halaman portofolio menggunakan template dengan
warna minimalis yang merupakan perpaduan antara warna, abu-abu dan hitam. Untuk
judul halaman portofolio menggunakan
tipe font arial narrow yang diberi
warna kuning karena disesuaikan dengan judul pada halaman sebelumnya, isi dari
halaman portofolio mengenai desain
yang dibuat untuk klien dan dijadikan portofolio
untuk perusahaan. Kemudian diberi tombol – tombol untuk menampilkan ke halaman
– halaman berikutnya. ( Gambar 18)
Gambar
18. Lay out komprehensif halaman Portofolio
8. Lay out komprehensif halaman Contact Us
Pada
layout komprehensif desain halaman contact us menggunakan template dengan
warna minimalis yang merupakan perpaduan antara warna abu-abu dan hitam. Pada
halaman contact us menggunakan tipe font arial narrow yang diberi warna
putih dan merah, isi dari halaman contact
us mengenai alamat perusahaan berada, untuk isi menggunakan tipe font arial narrow warna putih karena
disesuaikan dengan halaman sebelumnya. Kemudian diberi tombol – tombol untuk
menampilkan ke halaman – halaman berikutnya. (Gambar 19)
Gambar
19. Lay out komprehensif halaman Contact Us
Rancangan
Layar Komprehensif Desain Web
1.
Rancangan Layar Komprehensif Menu
Home
Desain
menu home untuk template menggunakan warna minimalis karena di sesuaikan dengan
company profile. Dalam hal ini menampilkan Logo dari CV. Global Multimedia,
animasi-animasi, image dan di buat
menu – menu untuk menampilkan menu home,
company profile, dan contact us.
Pada menu home terdapat empat buah
tombol, yaitu sebagai berikut :
a. Menu Home
Berfungsi untuk menampilkan
halaman menu utama
b. Menu Company Profile
Berfungsi untuk menampilkan halaman Company
Profile interaktif
c. Menu Contact Us
Berfungsi untuk menampilkan halaman Contact us yang
berisikan alamat perusahaan.
Di bawah ini adalah Rancangan
layar komprehensif Menu home (gambar 20)
Gambar 20.
Rancangan layar komprehensif menu home
2. Rancangan Layar Komprehensif Menu Company Profile
Desain
menu Company Profile untuk template menggunakan warna minimalis karena di
sesuaikan dengan isi company profile. Dalam hal ini menampilkan Logo dari CV.
Global Multimedia, animasi-animasi, image
dan di buat menu – menu untuk menampilkan menu home, company profile, dan contact
us. Pada menu Company Profile
terdapat empat buah tombol, yaitu sebagai berikut:
a.
Menu Home
Berfungsi untuk
menampilkan halaman menu utama.
b.
Menu Company Profile
Berfungsi untuk menampilkan
halaman Company Profile interaktif yang berisikan Home, who we are, Our
logo, teamwork, our Product, Portfolio, dan Contact us.
c. Menu Contact Us
Berfungsi
untuk menampilkan halaman Contact us yang berisikan alamat perusahaan.
Di
bawah ini adalah Rancangan Layar Komprehensif Menu Company Profile (Gambar 21)
Gambar 21. Rancangan Layar
komprehensif menu Company Profile
3.
Rancangan Layar
Komprehensif Menu Contact us
Desain
menu Contact us untuk template
menggunakan warna minimalis karena di sesuaikan dengan company profile. Dalam
hal ini menampilkan Logo dari CV. Global Multimedia, animasi-animasi, image dan di buat menu – menu untuk
menampilkan menu home, company profile
dan contact us. menu Contact us
merupakan alamat perusahaan. Pada menu Contact us terdapat empat buah tombol,
yaitu sebagai berikut :
a. Menu
Home
Berfungsi
untuk menampilkan halaman menu utama
b. Menu
Company Profile
Berfungsi
untuk menampilkan halaman Company Profile interaktif.
c. Menu Contact Us
Berfungsi
untuk menampilkan halaman Contact us yang berisikan alamat perusahaan.
Di
bawah ini adalah rancangan layar komprehensif menu contact us. (Gambar 22)
Gambar
22. Rancangan layar komprehensif menu Contact us
C.FINAL
ART WORK
Final Art Work adalah merupakan tahap desain
yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu lay out
lasar dan lay out komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan
dengan beberapa kali revisi selama proses desain.
Final Art Work Untuk CD
Interaktif
1. Final
Art Work Opening
Gambar 23. Final Art Work Opening
2. Final Art Work halaman Home
Gambar
24 Final Art Work halaman Home
3. Final
Art Work halaman Who We Are
3. Final
Art Work halaman Our Logo
Gambar
26 Final Art Work halaman Our Logo
4. Final
Art Work halaman Team work
Gambar
27 Final Art Work halaman Team work
5. Final
Art Work halaman Our Product
Gambar
28 Final Art Work halaman Our Product
6. Final
Art Work halaman Portofolio
Gambar
29 Final Art Work halaman Portofolio
7. Final
Art Work halaman Contact Us
Gambar
30 Final Art Work halaman Contact Us
Tampilan
Web :
1.
Tampilan Layar Menu Home
Gambar
31 Tampilan Layar Menu Home
2.
Tampilan Layar Company Profile
Gambar
32 Tampilan Layar Company Profile
3.
Tampilan Layar Contact us
Gambar
33 Tampilan Layar Contact us
KESIMPULAN
Setelah penulis melakukan
penelitian pada CV.
Global Multimedia, penulis berkesimpulan bahwa Company Profile yang di
kemas dalam bentuk web dan CD Interaktif sangat di perlukan perusahaan.
CD interaktif yang dibuat
dipergunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk media promosi. Diharapkan
media promosi yang disampaikan dalam CD interaktif ini dapat memberikan daya
tarik konsumen terhadap CV. Global Multimedia.
Dengan adanya Company Profile diharapkan dapat
meningkatkan suatu image atau citra
dari perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan relasi perusahaan, lembaga dan
instansi terkait lainnya dan dapat di jadikan sebuah aset perusahaan dalam
memperkenalkan kapasitas dan kualitas perusahaan kepada para pelaku bisnis
untuk dapat bekerja sama dalam bidang Post
Production–Videography–Photography-Design.
Dalam membuat Company profile
yang baik harus memperhatikan faktor – faktor yang berhubungan dengan
perusahaan yang bersangkutan. Dalam hal ini penulis menyesuaikan dengan
keinginan stakeholder, mulai dari desain template, warna yang di pakai, jenis
huruf yang di gunakan, tata letak lay out
dan isi dari setiap halaman. Hal ini bertujuan untuk memperkuat perusahaan
dalam menjalin relasi atau kerjasama dengan perusahaan terkait dan dapat
membangun suatu kepercayaan dari mitra usaha atau pihak – pihak terkait
lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Agung, Gregorius. Belajar
Sendiri Macromedia Dreamweaver 3, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001
2. Chandra,
K. Ian. (2000). Trik Photo Draw 2000.
PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
3. Enterprise,
Jubilee. (2007). Teknik Kolase Photoshop
Cs2. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
4. Hendratman,
Hendi, ST. (2006). Tips n Trix Computer
Graphics Design. Informatika, Bandung.
5. Maulana, Arya. Panduan
Lengkap Adobe Photoshop 7.0, Restu Agung, Jakarta,2005
6.
Pujiriyanto, Desain
Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer), Andi, Yogyakarta, 2005
7. Susanto,
Mikke. (2002). Diksi Rupa. Kanisius,
Jakarta.
8. Tjiptono,
Fandi. Strategi Pemasaran. Andi,
Yogyakarta.
9. Ts,
Abid. (2005). Desain Grafis Menggunakan
Adobe Illustrator Cs. Andi Yogyakarta.
10. Wahana,
Komputer. (2006). Mendesain Gambar dan
Logo dengan Adobe Illustrator Cs2. Salemba Infotek, Jakarta.
11. Wahana,
Komputer. (2006). Membuat Website
Interaktif Dengan Macromedia Dreamweaver 8. Andi, Yogyakarta.
12. Zulkifli,
Dede. (2006). Belajar Cepat dan Tepat
Photoshop. Informatika, Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar