DESAIN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PROMOSI
KAMPUS
Mukti
Budiarto1, Yohanes Ari Kuncoro Yakti2, Maimunah3 ,
Lusyani Sunarya4
1,3Dosen
Jurusan Teknik Informatika AMIK Raharja Informatika
2AkommRTVi
Global Media
4Dosen
Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja
1,3 AMIK Raharja
Informatika, Jl. Jend Sudirman No. 40 Cikokol-Tangerang
4 STMIK Raharja, Jl.
Jendral Sudirman No. 40 Cikokol-Tangerang
2Komp.
Kemang Pratama I Blok MM-122
ABSTRAC
When this is not just IT developments are very rapid, but also the development and promotion of media information in almost allareas requiring electronic or print media that is used as a means of supporting the provision of promotional
activities. Previously was a media campaign in the form of visual communication media in the form of Banners, Stickers, Banners, Guest Book, Business Cards, Billboards,
Banners, Id Card, Counselling cards, packaging, and design Desktop background. All this serves as a means of supporting the existing promotional
activities to promote and provide information about the activities.Of these media do not convey the latest information (updated) because in each year will experience a change of informationand in terms of visual appearance should be no change or a refresher. Some media were developed as a means of supporting the implementation of campus activities,
including promotion and information that can provide more value in attracting new students and the academic community. The resultsof this study is the design of visual communication media that contains the activities Prospects 2011, 2011 Career Raharja design, marketing and design support activities Wallpaper the walls with slogans AMC and the vision, mission management tosupport the mission of Accreditation.
Key words: promotion, information,
media, visual communication,activities.
ABSTRAKSI
Saat ini bukan hanya perkembangan IT saja yang sangat pesat, melainkan juga perkembangan akan media promosi dan
informasi yang hampir disemua bidang
membutuhkan media media cetak ataupun elektronik yang digunakan sebagai sarana penunjang
penyelengaraan kegiatan promosi. Media promosi sebelumnya adalah dalam
bentuk media komunikasi visual yang berupa Spanduk,
Stiker, Umbul-umbul, Buku Tamu, Kartu Nama, Baliho, Banner, Id Card,
Counselling card, Packaging, dan design
background Desktop. Semuanya
itu berfungsi sebagai sarana
penunjang kegiatan promosi yang sudah ada untuk mempromosikan dan memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan. Dari media-media tersebut tidak
menyampaikan informasi yang terbaru (update) karena
pada tiap tahunnya akan mengalami perubahan informasi dan dari segi tampilan
visualnya harus ada pergantian atau penyegaran. Beberapa media tersebut dikembangkan sebagai sarana
penunjang penyelenggaraan kegiatan kampus yang meliputi promosi dan informasi yang dapat memberikan nilai lebih dalam menarik minat
calon mahasiswa baru dan kalangan civitas akademik. Hasil
dari penelitian ini adalah desain media komunikasi visual yang berisi kegiatan kegiatan Prospek 2011, Raharja Career
2011, desain penunjang kegiatan pemasaran dan desain Wallpaper dinding dengan slogan AMC dan visi, misi manajemen untuk
menunjang kegiatan Misi Akreditasi.
Kata kunci : Promosi, informasi, media
komunikasi visual,
kegiatan.
PENDAHULUAN
Promosi adalah suatu bentuk
kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak pemasar yang bertujuan untuk menarik
perhatian masyarakat, sehingga tertarik untuk melakukan transaksi seperti yang
diinginkan oleh pihak pemasar, agar dalam pelaksanaan program promosi dapat
berjalan dengan baik, dan segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang.
Perguruan Tinggi Raharja adalah
Lembaga yang bergerak dibidang pendidikan yang berbasis komputer, dalam
orientasinya Perguruan Tinggi Raharja selalu berusaha memberikan pelayanan
terbaik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi yang semakin maju.
Perguruan Tinggi Raharja, setiap tahun penyelenggaraan kegiatannya sudah
direncanakan berdasarkan kalender Akademik.
Tanpa dukungan media komunikasi
visual, dalam kegiatan yang akan diselenggarakan lingkungan akan mengalami
kesulitan dalam mendapatkan informasi kegiatan-kegiatan yang diprogramkan oleh
pihak kampus, selanjutnya akan mempengaruhi animo lingkungan terhadap
kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan. Untuk memenuhi tujuan tersebut,
diperlukan sarana penunjang berbentuk
media komunikasi visual yang dapat digunakan sebagai media penyampaian
informasi sekaligus sebagai penunjang promosi kepada masyarakat, khususnya
pelajar SLTA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi
dan mau bergabung menjadi Pribadi Raharja.
Serta kalangan civitas Perguruan Tinggi Raharja yang ingin mengetahui
penyelenggaraan kegiatan kampus.
Media Informasi dan promosi yang
digunakan sebelumnya Media komunikasi visual yang berupa Spanduk, Stiker,
Umbul-umbul, Buku Tamu, Kartu Nama, Baliho,
Banner, Id Card, Counselling card,
Packaging, dan Design background
Desktop. Dari kebutuhan jenis media-media tersebut penulis ingin menambahkan rancangan media
baru yaitu Wallpaper Dinding dan Buku Agenda Prospek. Wallpaper Dinding yang berisikan slogan”Aku Makin Cinta Raharja” untuk menunjang
kegiatan misi Akreditasi, sesuai dengan kebutuhan kampus Raharja, Buku Agenda
Prospek untuk menunjang kegiatan prospek yang diberikan kepada peserta prospek
(Mahasiswa Baru) untuk dijadikan kenang-kenangan dari kegiatan prospek
tersebut, selain itu penulis juga akan redesign
media-media yang sudah ada antara lain adalah media penunjang kegiatan
pemasaran yaitu Background Desktop LGS, Background Desktop SGS.
Dan redesign media penunjang
penyelenggaraan kegiatan yaitu desain untuk kegiatan Prospek 2011 (ID Card, Spanduk dan Cover Buku Panduan Prospek) dan Raharja Career 2011 (Buku Tamu, Kartu Nama, ID Card, Packaging).
Alasan penulis melakukan redesign terhadap media-media yang sudah
ada terhadap penyelenggaraan kegiatan kampus dan menambahkan rancangan media
baru berupa wallpaper yang berisi
slogan AMC, karena penulis ingin mengusulkan penyegaran terhadap tampilan
media-media sebelumnya, secara visual agar masyarakat tidak bosan melihat
media-media digunakan, selain itu penulis juga akan menampilkan
informasi-informasi terbaru (up-date) terhadap
perkembangan-perkembangan kemajuan yang ada di Perguruan Tinggi Raharja, agar
masyarakat dapat mengetahui informasi
dengan jelas dan akurat. Program promosi dan informasi dapat dilakukan jangka
panjang dan terus menerus, oleh karena itu penggunaan media-media publikasi
agar tidak menimbulkan kejenuhan dan tetap fresh
serta dapat selalu menjaga image
lembaga yang bersangkutan dan nilai-nilai efektifitas hendaknya dapat dipenuhi dengan
pergantian atau redesign
bentuk-bentuk media, pada dasarnya rancangan media harus selalu up-date
dan perggantian rancangan media
harus mengacu kepada kebutuhan dan tahapan-tahapan yang sudah dibakukan
dalam program promosi.
KAJIAN PUSTAKA
Teori Desain komunikasi visual
Sejak
zaman dahulu manusia telah mengenal sesuatu yang indah, bagus, menarik dan
mengagumkan, sebagai bagian dari
dirinya, hanya bobot rasa dari tiap orang berbeda. Namun kesadaran mengenai hal ini baru
diketahui dan disadari oleh manusia setelah para ilmuan dari yunani
mengangkatnya ke permukaan. Mereka menyebut dengan istilah ” estetika ”yang dalam bahasa yunani disebut ”
Aisthesis ” yang berarti tanggapan atau pengawasan.
Keindahan
yang dipelajari berupa karya – karya seni disebut objek dan proses kreatif
dari siperencana sebagai subjek. Menurut kamus webster : School and office
Dictionary tertulis Aesthetic sebagai kata benda yang berarti ” The
teory of the beautiful in state and art
”, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa istilah estetika
dapat digunakan untuk menjelaskan masalah –
masalah yang berkaitan dengan keindahan. Desain pada dasarnya adalah
hasil penyusunan pengalaman visual dan emosional dengan memperhatikan elemen
– elemen dan prinsip – prinsip desain yang dituangkan dalam satu
kesatuan komposisi yang mantap. komposisi berasal dari kata laitn Componere
yang artinya penggabungan. Pada dasarnya suatu
komposisi yang merupakan penggabungan dari banyak bagian menjadi suatu
bentuk yang serasi.
Komposisi
dianggap sebagai suatu pengorganisasian elemen
– elemen desain dengan mengikuti
prinsip-prinsip tertentu secara ketat, meskipun sering hanya digunakan sebagai
arahan saja tetapi mampu mencapai bentuk abstrak, alamiah, non-objektif,
ornamental ataupun struktural. Sehingga
Desain Komunikasi Visual sering disebut dengan ilmu yang mempelajari tentang
media untuk menyampaikan informasi, konsep, ide, gagasan melalui bentuk lambing
dan symbol yang mudah dicerna atau ditangkap dengan indra penglihat dengan
menggunakan bahasa visual. Desain komunikasi visual bisa juga disebut
dengan Graphic Design keduanya adalah ilmu yang mempelajari tentang
media penyampaian pesan, ide, ajakan kepada khalayak ramai, gagasan melalui
bentuk, lambang dan simbol yang mudah dicerna atau ditangkap dengan indra
penglihatan. Desain komunikasi visual
dapat juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan
ungkapan kreatif, tehnik dan media untuk
meyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah
elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata
letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya, tetapi
yang jelas desain grafis erat kaitannya dengan proses cetak. Melalui media ini
desain grafis berfungsi sebagai jembatan penghubung antara pihak yang
berkepentingan didalam dunia bisnis dan hal – hal yang berkaitan dengan media
komunikasi.
Desain
Komunikasi Visual adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi
informasi dengan publik, baik secara perorangan, kelompok, lembaga maupun
masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual.
Keindahan
desain komunikasi visual mengandung unsur – unsur estetika yang terdiri dari :
garis, bentuk, warna, cahaya, ruang, tekstur, keseimbangan, keserasian,
proporsi, skala, irama, disamping fungsi tehnik dan pesan yang terkandung. (Susanto, 2002).
Definisi Desain
Desain
merupakan rancangan, gagasan, ide-ide yang mengkomposisikan berbagai elemen dan
unsur pendukung seperti bentuk, teknik, pengerjaan, keindahan yang dinyatakan
dalam bentuk gambar dan warna. Desain adalah produk, atau solusi visual yang
mempunyai fungsi dan nilai estetik. Berbeda dengan seni murni yang lebih
terfokus pada keindahan semata-mata, desain (seni terapan) lebih berfokus pada
keefektifan desain tersebut dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Tujuan utama
dari sebuah desain adalah untuk melayani masyarakat melalui bidang komersial
dan cultural (Hiebert, 2008). Dengan
demikian, maka sebuah desain ada karena adanya masyarakat yang membutuhkan.
Definisi Media
Media
(Channel) adalah aneka sarana
komunikasi yang dipakai untuk mengantar dan menyebarluaskan pesan-pesan. Sarana
komunikasi ini meliputi radio, televisi, bioskop, surat kabar, majalah, papan
iklan, pos langsung, petunjuk jualan, selebaran, pengantar penawaran dan alat
peraga. Beberapa sarana komunikasi (media) yang dipakai dalam menyampaikan dan
menyebarluaskan pesan antara lain : Media cetak, media elektronik, papan iklan,
pos langsung(direct mail), petunjuk penjualan (point of purchase), selebaran
dan kalender.
Media
adalah saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat
dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media
tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, buku profil, media
luar ruang, iklan transit dan direct mail.
Pemilihan
setiap media dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciri produk, jenis pesan,
pasar sasaran, luas dan jenis distribusi, anggaran, strategi iklan pesaing,
serta keunggulan dan kekurangan media itu sendiri. (Tjiptono, 2007 : 240)
HASIL DAN PEMBAHASAN
Strategi Media
Sebelum melakukan proses desain (Designing), Penulis terlebih dahulu merumuskan strategi media
sebagai obyek sasaran media komunikasi visual serta media yang akan dirancang
dan dipersiapkan untuk memenuhi 3 aspek sasaran yaitu :
Geografi : Wilayah Kabupaten, Kota
Tangerang serta Propinsi Banten
dan wilayah intern Perguruan Tinggi Raharja.
Demografi : ● Jenis Kelamin : Pria & Wanita
● Kelas Ekonomi : Menengah
● Sasaran : 1.
Audience/Masyarakat
2. Calon mahasiswa baru
3. Kalangan
civitas Raharja
Psikografi : Audience/masyarakat
Calon mahasiswa baru, kalangan
Civitas Raharja yang ingin
mengetahui
informasi lebih detail mengenai Perguruan Tinggi Raharja serta
kegiatannya.
Selain
itu dalam menunjang kelancaran persiapan maupun jalannya kegiatan, dari
beberapa media yang akan digunakan secara visual ditampilkan terpadu (satu
untuk semua) yaitu Raharja Career dan Prospek TA.2011/2012 artinya
tampilan setiap media yang digunakan senada, dan untuk media lain menyajikan tampilan visual yang
berbeda dan beragam.
Program Media
Media-media yang dirancang direncanakan pemasangan dan
pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan sosialisasi ataupun penyelenggaraan kegiatan. Wallpaper Dinding (AMC) dipasang pada
dinding dalam ruangan Dosen Perguruan Tinggi Raharja. Media Spanduk Prospek akan
dipersiapkan
satu atau dua minggu
sebelum pelaksanaan
prospek dan dipasang satu atau dua hari
sebelum pelaksanaan
prospek. Media ID Card Prospek dipersiapkan
satu minggu
sebelum pelaksanaan
kegiatan Prospek dan digunakan saat kegiatan Prospek berlangsung. Cover Buku Panduan Prospek
dipersiapkan satu atau dua minggu
sebelum pelaksaan kegiatan
Prospek. Buku Agenda
Prospek dipersiapkan satu
minggu atau lebih sebelum
pelaksaan kegiatan
Prospek. Kartu Nama Raharja Career dipersiapkan
satu atau dua minggu
sebelum pelaksanaan
kegiatan Raharja Career. Buku Tamu
Raharja Career dipersiapkan
satu minggu
sebelum pelaksanaan
kegiatan Raharja Career dan digunakan
pada saat kegiatan berlangsung. ID Card
Raharja Career dipersiapkan
satu minggu
sebelum pelaksanaan
kegiatan Raharja Career dan digunakan
oleh para peserta dan panitia Raharja Career
pada saat kegiatan berlangsung. Packaging
Raharja Career dipersiapkan dua minngu sebelum
pelaksanaan kegiatan
Raharja Career dan digunakan untuk
para peserta yang memenangkan kegiatan Raharja Career. Counselling Card
dicetak dan digunakan dalam jangka panjang sesuai kebutuhan untuk media promosi
Divisi marketing. Background Desktop SGS dipasang dilayar
komputer pada setiap ruangan praktek komputer. Background Desktop LGS dipasang di layar komputer pada setiap
ruangan Dosen Serta rencana sosialisasinya dapat dalam jangka
panjang atau pendek karena
rancangan penulis harus disesuaikan dengan kondisi program promosi atau kegiatan-kegiatan kampus yang
ada di Perguruan Tinggi Raharja tergantung dengan perkembangannya.
Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif)
Konsep kreatif yang ingin dituangkan ke dalam media-media
penunjang penyelengaraan
kegiatan kampus adalah sebuah ide kreatif yang lebih cenderung pengembangan
ornamen, mengolah warna dan mengolah jenis huruf/font, dan
menampilkan informasi yang update serta
menambahkan elemen
grafis pendukung lainnya. Rancangan
yang akan ditampilkan lebih mengarah kesan teknologi. Hal ini penulis butuh
pemikiran yang serius dan teliti agar dalam menuangkan ide kreatif atau gagasan
dapat sesuai dengan tema yang telah ditentukan dalam setiap media.
Tujuan
Kreatif
Untuk menarik perhatian konsumen (audience, calon
mahasiswa baru dan
civitas Raharja) agar dapat memahami, berubah sikap, menyukai dan yakin
untuk melihat isi dari media informasi dan
promosi tersebut kemudian ingin menjadi pribadi Raharja dan ikut berpartisipasi dalam
kegiata-kegiatan kampus, maka penulis merancang visualisasi media informasi dan
promosi dengan menampilkan bentuk
tampilan visual yang fresh dan
menampilkan informasi/pesan yang terbaru. Dimana didalamnya terdapat
rancangan media yang berupa pengolahan warna, jenis huruf, ornamen dan elemen
lainnya bertujuan untuk mendapatkan harmonisasi keselarasan-keselaran yang ada
di tiap-tiap rancangan media, selain dinilai dari segi fungsi juga terdapat
nilai-nilai artistik yang dapat menarik perhatian
audience, calon mahasiswa baru dan
kalangan civitas Raharja.
Strategi Kreatif
Hal
yang ingin disampaikan kepada audience
melalui visualisasi yang terdapat pada perancangan media Promosi dan informasi
adalah hal yang dapat menunjukkan eksistensi dari Perguruan Tinggi Raharja
sebagai salah satu institusi pendidikan
tinggi yang berbasis komputer dengan program studi yang terlengkap dan
terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional adalah dengan cara menampilkan
keunggulan, Verifikasi ISO 9001:2008 dan kualitas out-put Perguruan Tinggi
Raharja.
Perencanaan Visual
Penulis ingin merancang sebuah media promosi dan informasi
sebagai penunjang penyelenggaraan kegiatan kampus pada Perguruan Tinggi Raharja
dalam bentuk media komunikasi visual yaitu Wallpaper Dinding (AMC), Buku Agenda
Prospek, Cover Buku Panduan Prospek, Background Desktop SGS, Background
Desktop LGS, Counselling Card, Spanduk Prospek, ID Card Prospek, Kartu Nama Raharja Career, Buku Tamu Raharja Career dan Packaging Raharja Career.
Karena dari media-media tersebut
dapat menunjang secara menyeluruh mengenai informasi dan promosi
kegiatan-kegiatan Perguruan Tinggi Raharja, dengan kualitas visual yang relatif
baik dan dapat dimengerti dengan mudah oleh konsumen (audience, calon mahasiswa baru dan kalangan civitas Raharja).
Tujuan Visual
Suasana yang ingin disampaikan oleh penulis dalam
menghasilkan desain media informasi dan promosi penunjang penyelenggaraan
kampus Perguruan Tinggi Raharja yaitu
menciptakan suasana yang berkesan teknologi (hi-tech), elegan dan dinamis mulai dari tata letak (layout), warna dan tipografi disesuaikan
dengan image atau citra Perguruan
Tinggi Raharja sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi dalam
bidang informasi dan komputer yang telah
mendapatkan Status Akreditasi yang baik.
Strategi Visual
Dalam
penyajian visualisasi pada perancangan desain media informasi dan promosi yaitu
dengan pembetukan objek-objek dan pengaturan tata letak dengan menggunakan
Adobe Illustrator cs3 dan Adobe Photoshop cs3, software pendukung lainnya disesuaikan dengan kebutuhan rancangan.
Adapun strategi visual yang ingin disampaikan penulis adalah dengan pendekatan
secara emosional yang terkesan formal namun tegas mulai dari segi warna, tata
letak atau layout, jenis huruf dan
gaya penampilan grafis serta dalam bentuk penyampaiannya dilakukan secara
sederhana agar audience lebih
dapat memahami, dari pencitraan tersebut diharapkan dapat merubah sikap audience,
calon mahasiswa baru
dan kalangan civitas Raharja, setelah mengetahui kelebihan-kelebihan melalui
bentuk-bentuk media yang digunakan.
Penulisan
Naskah (Copy Writing)
Dalam rancangan media promosi dan informasi sebagai
penunjang penyelenggaraan kegiatan kampus Perguruan Tinggi Raharja terdapat
unsur-unsur komunikasi grafis seperti teks (tulisan), ilustrasi (foto atau image) dan warna. Salah satunya adalah
teks (tulisan) yang mempunyai kharakter khusus diperlukan dalam perancangan
agar penyampaian misi atau pesan media mudah dimengerti dan tepat sasaran, teks
akan menyesuaikan bentuk-bentuk media yang telah direncanakan terdiri dari
beberapa bagian yaitu judul (headline),
subjudul, naskah (body copy), logo (logo type). Berikut adalah penjelasan
dari masing-masing bagian dari teks (tulisan).
1. Judul
(headline)
Bagian
terpenting dari teks yang menarik perhatian dan merupakan hal yang pertama kali
dibaca. Judul akan mengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui tentang isi
dari sebuah pesan atau informasi yang ada di dalamnya.
2. Subjudul
Lanjutan
keterangan dari judul yang akan menjelaskan makna atau arti dari judul, pada
umumnya subjudul akan lebih panjang dari judul. Subjudul dapat juga disebut
sebagai kalimat peralihan yang mengarahkan pembaca dari judul ke kalimat
pembuka naskah (body copy).
3. Naskah
(body copy)
Kalimat
yang menerangkan lebih rinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan,
berfungsi untuk mengarahkan pembaca dalam mengambil sikap berpikir dan
bertindak lanjut. Secara kreatif bentuk naskah atau body copy dapat
dikombinasikan dengan gambar dalam berbagai bentuk.
4. Logo
Tanda
pengenal atau identitas yang tetap dari perusahaan, institusi, atau sebuah
lembaga. Biasanya dibuat secara singkat, sederhana dan komunikatif dengan
menggunakan huruf dan gambar agar lebih mudah diingat.
Pengarahan
Visualisasi (Art Directing)
Agar desain media-media komunikasi visual yang dirancang
terlihat menarik dan memiliki karakter tersendiri, maka dalam proses
visualisasi penulis harus memperhatikan hal-hal
yang akan mempengaruhi kegunaan dan nilai artistik sebuah media. Dalam
menentukan unsur-unsur warna yang dipilih, jenis huruf yang dipakai, tata letak
atau layout yang diterapkan, gaya
penampilan grafis yang sesuai serta model yang dipilih untuk ditampilkan di
setiap rancangan media. Oleh sebab itu, penulis menjabarkan visualisasi yang
dipilih dan dapat dipergunakan pada media-media rancangan :
1. Totalitas
warna yang dipergunakan adalah warna orange, kuning, dan hijau, karena warna
kuning menciptakan keoptimisan dan pengharapan serta warna hijau menciptakan
suasana alam, pembaharuan dan sesuai dengan citra atau image dari Perguruan Tinggi Raharja atau biasa disebut dengan Green Campus.
2. Jenis
huruf yang dipergunakan adalah jenis huruf Bookman Old Style, Times New Roman,
Myriad Pro dan masih banyak lagi karena jenis huruf tersebut berkesan
teknologi, formal dan mudah dibaca oleh setiap audience.
3. Tata
letak atau layout yang dipergunakan
adalah dengan menata atau menyatukan unsur-unsur komunikasi visual mulai dari
teks, gambar dan warna agar menjadi media komunikasi visual yang komunikatif
dan dapat menarik perhatian kepada seluruh audience.
4. Gaya
penampilan grafis yang dipergunakan adalah menciptakan kesan teknologi (hi-tech), elegan dan dinamis, karena
Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu institusi pendidikan dalam bidang
informasi dan komputer.
5. Model
yang dipergunakan dalam media Promosi dan Informasi adalah gambar dan foto
aset-aset atau kegiatan yang ada di Perguruan Tinggi Raharja, karena untuk
mewakili dari keterangan teks yang ada dalam setiap media komunikasi Visual
agar konsumen (calon mahasiswa baru, masyarakat
dan kalanagan civitas Raharaja) lebih mudah mengerti dan memahami dari isi informasi
tersebut.
Hasil Desain
Final
Artwork Media Wallpaper
Dinding “Aku Makin Cinta Raharja”
Desain Wallpaper Dinding “Aku Makin Cinta
Raharja” menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO,
Kalimat ucapan slogan ”Aku Makin Cinta Raharja”, Visi dan Misi Perguruan Tinggi
Raharja, yang ditujukan kepada para dosen untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap
Perguruan Tinggi Raharja dan untuk meningkatkan misi akreditasi yang lebih
baik.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Wallpaper Dinding “Aku Makin Cinta
Raharja” :
Gambar 1.
Final Artwork Media Wallpaper Dinding “Aku Makin Cinta Raharja”
Final Artwork Media Spanduk Prospek “Go Green With
Raharja”
Pada media spanduk ini akan menampilkan logo Perguruan
Tinggi Raharja, logo ISO, dan logo prospek dan akan ditampilkan kalimat
mengenai kegiatan prospek pengenalan kampus dan ajakan untuk mencintai alam
bersama Perguruan Tinggi Raharja.
Dibawah ini adalah Final Artwork Spanduk
Prospek “Go Green With Raharja” :
Gambar 2.
Final
Artwork Media Spanduk Prospek
“Go Green With Raharja”
Final
Artwork Media Spanduk
Prospek Ucapan “Selamat Datang”
Pada media spanduk ini akan menampilkan logo Perguruan
Tinggi Raharja, logo ISO, logo prospek, dan akan ditampilkan kalimat mengenai
kegiatan prospek pengenalan kampus dan ucapan selamat datang yang ditujukan
pada mahasiswa baru Perguruan Tinggi Raharja.
Dibawah ini adalah Final Artwork Spanduk Prospek Ucapan “Selamat Datang” :
Gambar 3.
Final Artwork Media Spanduk Prospek Ucapan “Selamat Datang”
Final
Artwork Media
Spanduk Prospek Ucapan “Selamat dan Sukses”
Pada media spanduk ini akan menampilkan logo Perguruan
Tinggi Raharja, logo ISO, logo prospek, dan akan ditampilkan kalimat mengenai
kegiatan prospek pengenalan kampus dan ucapan Selamat dan Sukses yang ditujukan
kepada seluruh mahasiswa baru Perguruan Tinggi Raharja.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Spanduk
Prospek Ucapan “Selamat dan Sukses” :
Gambar 4.
Final Artwork Media Spanduk Prospek Ucapan “Selamat dan
Sukses”
Final Artwork Media Spanduk Prospek “Aku Makin Cinta
Raharja”
Pada media spanduk ini
akan menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO, logo prospek, dan
akan ditampilkan kalimat mengenai Slogan AMC ” Aku Makin Cinta Raharja”.
Dibawah ini adalah Final Artwork Spanduk Prospek “Aku Makin Cinta Raharja”
Gambar 5..
Final Artwork Media Spanduk Prospek “Aku Makin Cinta Raharja”
Final
Artwork Media
ID Card Prospek
Pada media spanduk ini akan menampilkan logo Perguruan
Tinggi Raharja, logo ISO, logo prospek, dan akan ditampilkan nama dari panitia kegiatan
prospek, gambar gedung Perguruan Tinggi Raharja, dan tanggal berlangsungnya
prospek dengan diolah dan dilengkapi dengan unsur-unsur grafis lainnya.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork ID Card
Prospek :
Gambar 6.
Final
Artwork Media ID Card Prospek
Final
Artwork Media
Buku Tamu Raharja Career
Pada
media Buku Tamu ini akan menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO,
kalimat Raharja Career 2011 dan
tanggal berlangsungnya kegiatan Raharja Career.
Dibawah
ini adalah Final Artwork
Buku Tamu
Raharja Career :
Gambar 7.
Final
Artwork Media Buku Tamu
Raharja Career
Final
Artwork Media
ID Card Raharja Career
Pada media ID Card Raharja Career ini akan menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO,
kalimat peserta atau panitia sebagai tanda, tanggal berlangsungnya kegiatan
Raharja Career.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork ID Card
Raharja Career :
Gambar 8.
Final Artwork Media ID Card
Raharja Career
Final Artwork Media Background Desktop SGS (Student
Get Student)
Pada media Background Desktop SGS ini akan
menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo-logo sponsor, dan image atau foto sebagai media
pendukungnya, selain itu ditampilkan icon ikan dan SGS Card.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Background Desktop SGS (Student Get Student) :
Gambar 9.
Final Artwork Media Background Desktop SGS (Student
Get Student)
Final Artwork Media
Background Desktop LGS (Lecture Get Student)
Pada media Background Desktop LGS ini akan
menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO, dan image atau foto sebagai media pendukungnya, desain LGS ini
ditujukan untuk para Dosen agar turut berpartisipasi dalam program promosi
sebagai perantara untuk para calon mahasiswa baru agar bergabung menjadi
Pribadi Raharja, ditampilkan juga pengumuman Reward untuk dosen yang berhasil membawa mahasiswa baru.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Background Desktop LGS (Lecture Get Student) :
Gambar 10.
Final
Artwork Media Background Desktop LGS (Lecture Get Student)
Final
Artwork Media Cover Buku Panduan Prospek
Pada media Cover Buku Panduan Prospek ini
akan menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO, Logo Prospek 2011,
alamat Perguruan Tinggi Raharja, KBM Raharja dan diberi tambahan
ornamen-ornamen sebagai media pendukungnya.
Dibawah ini adalah Final Artwork Cover Buku Panduan Prospek :
Gambar 11.
Final Artwork Media Cover Buku Panduan Prospek
Final
Artwork Desain
Media Buku
Agenda Prospek
Desain Cover Buku Agenda Prospek
Desain
Cover Buku Agenda Prospek ini
akan menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja, logo ISO, dan Logo Pendukung
lainnya. Selain itu akan menampilkan image/foto
sebagai media pendukung perancangan desain. Pada Cover Buku Agenda ini juga mengusung slogan Aku Makin Cinta
Raharja.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Cover Buku
Agenda Prospek :
Gambar 12.
Final Artwork Media Cover Buku Agenda Prospek
Desain Halaman
Depan Buku Agenda
Prospek
Pada
desain Halaman Dalam Buku Agenda Prospek ini akan menampilkan logo
Perguruan Tinggi Raharja, dan diberi icon ikan memakai toga. Selain itu akan
menampilkan image/foto sebagai media
pendukung perancangan desain.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Halaman Depan Buku
Agenda Prospek :
Gambar 13.
Final Artwork Media Halaman Dalam Buku Agenda
Prospek
Desain
Informasi Telepon dan Personal Detail
Pada
desain Informasi Telepon dan Personal Detail Buku Agenda
Prospek ini akan menampilkan Logo Perguruan Tinggi Raharja yang
dibuat transparan, informasi tentang nomor telepon penting dan form untuk
keterangan lengkap pemilik Agenda, diberi icon
ikan memakai toga dan alamat website Perguruan Tinggi Raharja.
Dibawah
ini adalah Final
Artwork Informasi
Telepon dan Personal Detail Buku Agenda
Prospek :
Final Artwork Media Informasi Telepon dan Personal Detile Buku Agenda Prospek
Desain media merupakan salah satu bentuk media komunikasi
visual mengenai informasi terbaru tentang Promosi dan kegiatan kampus Perguruan
Tinggi Raharja. Dimana Setiap media tersebut selalu menggunakan warna dan
elemen-elemen yang sesuai dengan citra Perguruan Tinggi Raharja sebagai salah
satu institusi pendidikan tinggi dalam bidang informasi dan komputer agar mudah
dipahami oleh konsumen (audience,
calon mahasiswa/i baru dan kalangan civitas Raharja). Fungsi dari media komunikasi visual ini
adalah untuk
mengarahkan dan memberitahu/menginformasikan kepada audience agar dapat mengenal dan mengetahui kegiatan yang
diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Raharja, lalu memahaminya dan kemudian
berniat menjadi mahasiswa baru dan bagi kalangan civitas Raharja dapat ikut
berpartsipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Raharja.
Desain dan redesign media ini mempunyai inovasi dan
kekayaan atas seni desain tampilan visualisasi dilihat dengan pendekatan secara
emosional yang terkesan formal namun tegas mulai dari segi warna, tata letak
atau layout, jenis huruf dan gaya
penampilan grafis serta dalam bentuk penyampaiannya dilakukan secara sederhana
agar dapat dipahami oleh audience.
Daftar Pustaka
Hiebert,
Kenneth J.1998.Graphic Design Processes.Yale University Press.Connecticut.USA.
Hendrataman,
Hendi. 2010. Tips & Trik Komputer
Graphics Desain Edisi Revisi. Informatika,
Bandung.
Hendratman, Hendi. 2006, Tips n Trix Computer
Graphics Design, INFORMATIKA, Bandung.
Madcoms.
2008., “Langkah Panduan Belajar Desain
Grafis CorelDraw”, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
Susanto, Mikke. 2002. Diksi
Rupa. Kanisius, Jakarta.
Suhendi,
Edi, dan Ginanjar, Rizki. 2009. Membuat
Desain Profesional dengan Adobe Ilustrator. Informatika, Bandung.
Tjiptono,
Fandi. 2007. Strategi Pemasaran. Riset Media. Jakarta
Widiyanto,
Rahmat. 2007. Teknik Profesional
Ilustrator CS3, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Yohan,
dan Yerry. 2010. Bisnis Iklan Dengan
Adobe Photoshop CS4+Coreldraw X4. Andi Yogyakarta, Elcom, Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar